Ikan Lemadang: Jenis, Karakter, dan Cara Olahannya

Ikan lemadang bukanlah jenis ikan yang popular bagi masyarakat luas. Meskipun ini merupakan jenis ikan komoditas Indonesia namun untuk mengolahnya menjadi makanan perlu kehati-hatian. Hal ini karena ada potensi racun yang terkandung di dalamnya.

Lemadang memiliki nama ilmiah Coryphaena hippurus. Ikan ini juga popular dengan sebutan ikan mahi-mahi, lumba-lumba, atau dorado. Ikan lemadang dalam bahasa inggris popular dengan sebutan dolphin fish. Lemadang termasuk jenis ikan pelagis besar yang ukuran panjang tubuhnya bisa mencapai 2 meter dan berat bisa mencapai 50 kg. Mungkin karena bentuknya yang unik, nama ikan ini juga diabadikan sebagai nama kapal perang Indonesia yaitu KRI Lemadang.

Jenis dan Karakter Ikan Lemadang

Ikan lemadang termasuk dalam keluarga Coryphaenidae. Sebagai ikan pelagis dan oseanik, ikan ini sering bermigrasi cukup jauh. Karena itu ikan ini juga tersebar dan banyak terdapat di perairan tropis dan subtropis di berbagai pelosok dunia. Perairan Maluku, Sulawesi, Jawa bagian Utara, maupun Jawa bagian Selatan banyak dijumpai ikan jenis ini.

ikan lemadang

Ikan lemadang memiliki bentuk warna tubuh yang unik dan cantik. Tubuh bagian samping dan belakang berwarna biru cerah dan hijau dengan warna keemasan di bagian bawahnya. Bentuk kepala ikan mahi2 ini agak besar dengan dahi menonjol untuk jantan dan agak bulat untuk yang bertina. Ikan ini bertelur sepanjang tahun di perairan laut yang hangat dan telurnya sering ditemukan di sekitar rumput laut.

Karakter ikan lemadang juga terbilang unik. Ikan mahi2 ini dikenal sangat kuat dan sering melakukan akrobatik di atas periran laut. Dalam hal kecepatan, lemadang termasuk yang terbaik. Lemadang juga diketahui merupakan jenis ikan buas dimana makanannya adalah ikan kecil, udang, maupun cumi-cumi.

Lemadang bukan termasuk jenis ikan konsumsi yang bernilai ekonomis. Rendahnya permintaan konsumen maupun kurangnya pengetahuan terhadap ikan membuatnya kurang mendap[at perhatian. Karena itulah ikan lemadang dianggap memiliki nilai ekonomis yang rendah. Bahkan nama ikan ini tidak masuk atau tercantum dalam kegiatan ekspor-impor.

Kebutuhan terhadap ikan mahi2 ini selama ini masih sebatas untuk konsumen antar pulau ataupun konsumen local. Meskipun nilai ekonominya yang rendah, sejumlah permintaan terhadap ikan ini ternyata mampu mencatatkan harga yang lumayan tinggi. Harga ikan mahi mahi ini kabarnya bisa mencapai jutaan rupiah perekor.

Khasiat dan Manfaat Ikan Lemadang

Nama ikan lemadang yang tidak popular maupun nilai ekonominya yang rendah, lantas apakah ikan ini masih bisa dikonsumsi? Kalau bisa lantas apa saja khasiat atau manfaat ikan lemadang untuk kesehatan tubuh?

ikan lemadang
gambar ikan 33

Sebagai ikan yang memiliki habitat di lautan dalam, ikan lemadang sering dikaitkan atau dibandingkan dengan ikan tuna atau salmon. Tak sedikit pecinta kuliner laut yang mengolah ikan lemadang sebagai seafood yang lezat. Ternyata, seperti ikan laut lainnya, lemadang juga mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Ikan mahi-mahi diketahui mengandung gizi yang kompleks dengan konsentrasi vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Bahkan tingginya kandungan protein, kalori, maupun vitamin C-nya dalam ikan ni dipercaya berkhasiat bisa meningkatkan vitalitas dan imunitas tubuh. Bahkan mengkonsumsi ikan mahi2 berkhasiat sebagai autoimun untuk menangkal penyakit akut dan kronis.

Dalam setiap 113 gram hidangan mahi-mahi segar diketahui mengandung sekitar 400 mg asam lemak omega-3 (DHA dan EPA). Asam ini juga banyak terdapat daklam salmon yang sangat bermanfaat untuk kognitif otak, menjaga kesehatan kulit.

Ikan lemadang juga kaya dengan kandungan protein rendah lemak yang baik dan sehat. Ikan ini kaya akan kandungan fosfor, selenium, niasin, dan vitamin B12. Sedangkan kandungan lemak jenuh dan natrium dalam mahi-mahi ini juga terbilang rendah.

ikan lemadang

Berikut ini khasiat dan manfaat ikan lemadang untuk kesehatan lainnya yang sebaiknya anda tahu.

  1. Lemadang juga kaya dengan kandungan fosfat yang sangat berguna untuk mencegah hipofosfatemia. Hipofosfatemia adalah kondisi rendahnya kadar fosfat di dalam darah yang dapat menyebabkan nyeri tulang dan otot lemah.
  2. Lemadang juga diketahui merupakan sumber protein dan rendah lemak. Nutrisi ini berkhasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan kulit wajah dan tubuh.
  3. Kandungan protein dan kaya asam lemak omega-3 alami dalam lemadang juga berkhasiat untuk mengoptimalkan fungsi kognitif otak.
  4. Ikan lemadang diketahui kaya dengan vitamin A dan D yang bermanfaat untuk menyuburkan rambut kepalal dan menjaga kesehatan tubuh.
  5. Kandungan mineral dalam lemadang juga bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan hormone, enzim, maupun vitamin dalam metabolisme tubuh. Ini juga berguna untuk menjaga tekanan osmotic dan melancarkan transmisi impuls saraf dan kontraksi otot.

Cara Pengolahan Ikan Lemadang

Meskipun ikan besar yang berwana hijau digemari para pecinta kuliner laut, namun sangat disarankan untuk mengolah ikan ini dengan hati-hati. Apalagi ikan ini termasuk dalam kelompok ikan yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi.

Baca juga: Rekomendasi Makanan Ikan Koi untuk Warna dan Agar Cepat Besar

Ikan mahi-mahi memiliki kelemahan pada kandungan asam amino histidin. Jika penyimpanan ikan ini tidak benar, maka asam amino itu akan dipecah oleh bakteri menjadi racun yang mengakibatkan penyakit alergi atau terjadinya keracunan scrombroid atau keracunan histamine. Bahkan ada jenis mahi-mahi yang kandungan histamine-nya beraroma busuk.

ikan lemadang

Meskipun memiliki kelemahan, namun lemadang adalah jenis ikan serbaguna yang juga bisa diolah dan dibuat menjadi masakan yang lezat. Dagingnya bersifat lunak dan manis. Awalnya daging ikan ini berwarna merah muda tapi akan memudar saat dimasak.

Mahi-mahi juga sangat rendah lemak, namun lembut dan kaya rasa. Jika diolah dan dimasak dengan benar maka rasa alami ikan lemadang yang manis akan sangat nikmat jika disantap bersama salsa herba, salad, atau dengan buah segar.

Cara Memasak Ikan Mahi-Mahi

Buat anda yang tertarik untuk membuat olahan ikan lemadang, dibawah ini akan dipaparkan cara memasak ikan mahi-mahi yang benar. Dengan resep masakan ikan lemadang yang tepat akan memberikan sajikan ikan laut yang nikmat, lezat, dan penuh gizi. Berikut ini tahapannya.

Cara Mengukus Ikan Mahi-Mahi

Langkah pertama sebaiknya ikan mahi2 dikukus dengan menggunakan daun pisang. Cara ini akan membuat ikan matang secara perlahan dan sekaligus menjaga agar sari dagingnya tidak rusak selama dimasak. Caranya, daun pisang sebaiknya direndam sekitar 2 menit agar lebih lembut lalu didihkan sekitar 30 detik.

Setelah itu potong ikan mahi-mahi dengan hati-hati menjadi beberapa bagian sesuai selera. Saat memotong sebaiknya sambil ditekan perlahan agar fillet-nya tidak hancur. Setelah itu bungkus potongan ikan lemadang dengan daun pisang dan kukus.

Setelah itu dinginkan potongan daging ikan mahi-mahi lalu letakkan dalam piring dan masukkan kulkas sekitar 30 menit. Saat didinginkan anda bisa menuangkan sari lemon atau jeruk nipis, garam, lada, atau rempah untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah itu daging lemadang siap dimasak dengan beragam olahan ikan lemadang.

Resep Masakan Ikan Lemadang

Berikut ini disampaikan beberapa resep masakan ikan lemadang yang bisa anda coba di rumah.

Resep Steak Mahi-Mahi

Olahan dengan resep steak mahi-mahi ini akan memberikan sajian yang sangat lezat loh. Berikut ini cara memasaknya.

streak mahi-mahi

Bahan yang dibutuhkan:

  • ikan mahi-mahi secukupnya
  • butter secukupnya
  • french friesh secukupnya
  • paprika hijau 1 buah
  • tomat 1 buah
  • daun salad secukupnya
  • daun bawang secukupnya
  • oil olive secukupnya
  • fish oil secukupnya
  • lime secukupnya

Cara membuat steak ikan mahi-mahi adalah sbb:

  1. Tempatkan semua bahan dalam dua wadah terpisah.
  2. Campurkan semua bahan salad seperti daun salad, tomat, paprika.
  3. Lalu tambahkan oil olive dan fish oil.
  4. Panaskan teflon yang telah dituang margarine setelah itu tumis ikan mahi-mahi dengan menambahkan sedikit pèresan lime.
  5. Tunggu beberapa menit hingga matang.
  6. Setelah matang pindahkan ke piring dan tuangkan salad di atas ikan. Bisa juga salad dituang dalam mangkok terpisah lalu sajikan.

Resep Ikan Mahi-Mahi Sambal Matah

Buat anda yang suka masakan pedas, resep ikan mahi-mahi sambal matah ini akan sangat tepat buat anda.

resep masakan ikan lemadang

Bahan yang diperlukan:

  • ikan mahi mahi 300 gram
  • cabe 10 buah atau sesuai selera
  • bawang merah 5 siung
  • daun sereh 2 buah
  • daun jeruk 2 lembar
  • terasi sedikit
  • garam secukupnya
  • jeruk limau 1 buah

Cara membuat ikan mahi-mahi sambal matah adalah sbb:

  1. Terlebih dahulu ikan mahi2 dicuci dan rendam dalam air jeruk beberapa menit untuk menghilangkan bau amisnya.
  2. Setelah itu lumuri dengan merica dan garam sambil dicubit agar bumbu meresap.
  3. Panaskan minyak di atas wajan dan masukan ikan lemadang lalu goreng hingga matang.
  4. Siapkan dan iris bahan untuk membuat sambal matah seperti bawang merah, cabe, sereh, dan irisan daun jeruk. Campur dengan garam dan terasi hingga tercampur rata. Selanjutnya tuangkan minyak bekas menggoreng ikan tadi.
  5. Selanjutnya masukan ikan mahi-mahi yang telah digoreng ke dalam wajan yangberisi sambal matah lalu aduk hingga rata.
  6. Setelah matang lalu sajikan di atas piring sajian sambil tambahkan perasan jeruk limo di atasnya.

Demikianlah informasi tentang ikan lemadang, baik tentang jenis, karakter, maupun cara mengolahan menjadi masakan yang lezat, dan semoga bermanfaat.

Ikaniak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ikan Kapiat, Kerabat Ikan Mas yang Sekedar Jadi Pelengkap

Sat Aug 3 , 2019
Ikan kapiat merupakan salah satu jenis ikan hias yang kurang begitu popular. Selain warna atau bentuknya yang relative standar, pamor ikan ini juga kalah jauh dibandingkan ikan mas, koi, koki, guppy, ataupun yang lainnya. Namun bagi pecinta ikan hias, ikan ini juga sering dimanfaatkan untuk melengkapi akuarium atau aquaspace yang […]
ikan kapiat