Jenis Ikan Sepat Hias dan Konsumsi yang Lincah

Jenis ikan sepat sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Karena ikan ini sering dikonsumsi dan dijadikan lauk pauk teman nasi. Ikan ini sering digoreng maupun dijadikan ikan asin yang memiliki cita rasa sangat enak dan khas. Popularitas ikan sepat di tanah air sebanding dengan ikan mas, mujaer dan ikan nila.

Seiring dengan perkembangan yang ada, saat ini mulai banyak orang yang menjadikan ikan sepat sebagai ikan hias. Ikan sepat mempunyai beberapa jenis. Diantara banyak jenis itu, terdapat ikan sepat yang mempunyai bentuk yang indah. Sehingga dijadikan ikan hias untuk dipelihara di akuarium maupun kolam ikan bersama ikan hias lain.

Penampilan ikan sepat di akuarium dan kolam tak kalah menawan dengan ikan hias lain. Bahkan terkadang penampilan jenis ikan sepat lebih cantik dari jenis ikan hias lain. Hal inilah yang membuat ikan sepat populer juga sebagai ikan hias di kalangan para pecinta ikan hias.

jenis ikan sepat hias

Menurut silsilah, ikan sepat memiliki bahasa latin Trichopodus Trichopterus. Ikan ini berjenis ikan air tawar yang mempunyai daya tahan hidup yang sangat baik di perairan. Tubuhnya sangat pipih membuat ia dapat bergerak sangat lincah dan sangat sulit untuk ditangkap.

Ikan sepat disebut juga ikan labirin. Karena ikan ini menggunakan sistem pernafasan seperti labirin. Bentuk pernafasan serupa dengan membran yang dilipat kemudian menutupi tulang.

Ragam Jenis Ikan Sepat

Ikan sepat terdiri-dari berbagai macam. Hai ini berdasarkan ukuran dan corak yang berbeda-beda. Berikut ini jenis-jenis ikan sepat yang terdapat di muka bumi, antara lain:

1. Ikan Sepat Padi

Ikan sepat ini sudah dikenal banyak orang. Orang menyebutnya ikan sepat ronggeng. Di kalangan masyarakat luas di tanah air, ikan sepat padi dapat dijadikan ikan konsumsi dan bisa pula dijadikan ikan hias yang kecantikannya tak kalah menakjubkan dengan ikan hias yang lain. Sistem pernafasan ikan sepat padi adalah paru-paru. Yang membuatnya dapat bernafas sewaktu-waktu di udara. Ikan ini berkembang biak di sungai.

jenis ikan sepat

Jenis ikan sepat yang terpopuler ini dijual di pasaran dengan harga cukup murah. Per ekor ikan sepat padi seharga Rp 3000. Inilah yang menjadikan ikan sepat padi banyak dipelihara di akuarium dan kolam sebab harganya yang terjangkau tanpa meninggalkan nilai estetika.

2. Ikan Sepat Biru

Jenis ikan sepat kedua yang sangat dikenal masyarakat adalah sepat biru. Dinamakan sepat biru sebab warna kulit tubuhnya mayoritas berwarna biru yang cemerlang. Sehingga menampakkan segi keindahan yang memikat hati bagi orang yang melihatnya. Ikan ini sangat cocok dijadikan ikan hias di dalam akuarium maupun kolam ikan.

jenis ikan sepat biru

Panjang tubuh ikan sepat biru dewasa dapat mencapai 12 centimeter. Walaupun tak diberi pakan maka ikan sepat ini dapat mencari makanan sendiri. Misalkan di dalam akuarium dan kolam, ia dapat mencari makanan berupa bakteri air atau lumut. Akan tetapi, untuk memastikan ikan sepat berkembang dan tumbuh besar dan sehat maka anda mesti rajin memberinya pakan alami atau buatan.

Baca juga: Ikan Arapaima, Ikan Air Tawar Purba yang Terbesar dan Ganas

Untuk membudidayakan jenis ikan sepat biru relatif mudah. Anda bisa memulainya dengan mencari bibit atau indukan jantan dan betina yang berkualitas baik. Yang dapat dilihat dari ciri fisik yakni pergerakan sangat aktif, gesit dan agresif. Kemudian tidak ada cacat dalam tubuh serta warna kulitnya terang kebiruan.

Anda bisa membeli indukan ikan sepat di peternak lokal terdekat atau membeli secara online. Cara membedakan sepat betina dan sepat jantan cukup gampang. Anda dapat melihatnya dari corak warna dan bentuk badan. Sepat jantan mempunyai corak warna agak lebih terang dengan bentuk badan yang lebih ramping. Sedangkan ikan sepat betina mempunyai warna tubuh lebih gelap dan kusam serta mempunyai bentuk badan agak lebih gemuk atau besar.

3. Ikan Sepat Madu

Dinamakan sepat madu disebabkan jenis ikan sepat ini mempunyai kulit tubuh berwarna kuning cemerlang bagaikan emas atau madu. Apabila ia mengena pada sinar lampu maka akan memancarkan kemilau yang sangat menawan.

Ikan yang disebut juga ikan gurami madu ini mempunyai karakter yang tidak agresif. Yang membuatnya sangat baik apabila dimasukkan bersama ikan hias lain pada satu kolam atau akuarium yang sama di rumah. Untuk harga ikan sepat madu hampir seperti harga ikan sepat biru dan ikan sepat padi dikisaran harga Rp 3 ribu per ekor.

4. Ikan Sepat Mutiara

Jenis ikan sepat yang populer dan tak kalah cantik dengan jenis ikan sepat yang lain adalah ikan sepat mutiara. Dinamakan demikian, karena motif warna di tubuhnya terdapat bintik hitam dan motif bulat bulat cerah bagaikan mutiara. Ikan sepat mutiara mempunyai banyak nama di beberapa negara. Seperti Mosaic Gourami, Pearl Gourami, dan Lace Gourami.

jenis ikan sepat mutiara

Ikan sepat mutiara dapat dijumpai di daerah perairan rawa. Seperti di perairan Kalimantan dan Sumatera. Ikan ini tergolong omnivora yang suka makan berbagai macam makanan seperti ikan kecil maupun tanaman nabati. Harga ikan sepat mutiara per ekor sebesar Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu. Sehingga inilah jenis ikan sepat yang termahal.

5. Ikan Sepat Siam

Ikan sepat ini sering dijadikan ikan sepat konsumsi. Berbeda dengan ikan sepat mutiara yang suka dijadikan ikan hias di akuarium. Banyak orang menyebut ikan sepat ini sebagai ikan sliper atau sepat rawa yang masih satu golongan dengan ikan gurame.

Ciri dan Sifat Ikan Sepat

Ikan sepat seringkali dibudidayakan di kolam tanah dicampurkan dengan jenis ikan lain. Seperti ikan emas, nila dan mujair. Yang menjadi ciri khasnya adalah memiliki pergerakan yang lincah sehingga sulit ditangkap ketimbang ikan lain seperi mas dan mujair.

jenis ikan sepat hias

Jenis ikan sepat bertempat tinggal dan berkoloni di perairan Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Kelebihannya memiliki daya tahan hidup di air tawar yang sangat kuat, gerakan lincah dan aktif. Namun demikian, yang menjadi kekurangan ikan ini adalah mudah mati dan stres apabila sering dibawa dalam sebuah perjalanan yang jauh.

Baca juga: Jenis Ikan Baung dan Faktanya yang Wajib Anda Tahu

Pergerakan ikan sepat sangat cepat dan lincah ketimbang jenis ikan lain. Hal ini didukung oleh bentuk fisiknya yang memanjang kecil dan sangat pipih. Sehingga badannya sangat ringan. Adapun corak kulit badannya sangat indah. Hal inilah yang membuat orang lebih memilih menjadikan ikan sepat sebagai ikan hias ketimbang ikan konsumsi.

Bentuk ikan sepat sangat unik. Siripnya sangat kecil dan bagaikan sebuah duri yang tajam, sensitif dan sangat tipis. Kegunaan sirip pada ikan sepat untuk mengetahui informasi mengenai lingkungan di sekelilingnya.

jenis ikan sepat ar tawar

Tak aneh jika saat ini jenis ikan sepat digolongkan ikan hias disamping ikan konsumsi. Ikan sepat hias sangat mudah ditemukan di toko ikan hias. Adapun harga per ekor lumayan mahal. Namun saja lebih mahal harga ikan sepat hias ketimbang ikan sepat konsumsi per ekornya.

Ikan sepat yang terdapat di kolam dan akuarium dapat tumbuh besar. Besaran panjang ikan sepat dewasa sekitar 20 cm. Untuk usia ikan sepat sekitar enam tahun yang termasuk jenis ikan yang mempunyai usia yang cukup panjang.

jenis ikan sepat konsumsi

Sesungguhnya, sepat fish merupakan jenis ikan gurami. Namun warna kulit tubuh yang jadi pembeda. Ikan sepat mempunyai warna kebiruan atau keabu-abuan. Ditambah adanya corak butiran berwarna perak atau hijau di sebagian tubuhnya bagai untaian mutiara.

Itulah informasi tentang beragam jenis ikan sepat hias dan konsumsi yang semoga bisa memberikan tambahan referensi yang bermanfaat untuk Anda.

Ikaniak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ragam Jenis dan Manfaat Ikan COD, Ternyata Masih Impor

Wed Jun 3 , 2020
Manfaat ikan COD yang sering dipanggil juga dengan ikan KOD sudah banyak diketahui. Jenis ikan ini berasal dari Alaska Amerika Serikat dengan habitat berada di perairan negara Amerika Serikat. Sehingga negara Indonesia harus melakukan impor jenis ikan ini. Di tengah kekayaan laut yang luas dan sangat besar tentu saja sangat […]
manfaat ikan COD