Jenis-jenis Ikan Louhan yang Paling Diburu dan Termahal 2019

Ada sejumlah jenis-jenis ikan louhan yang saat ini banyak diburu para kolektor. Selain tampilannya yang unik dan sangat memikat, harga ikan louhan 2019 terus meningkat. Bahkan tak sedikit jenis louhan yang mampu menembus harga jutaan rupiah untuk seekornya.

Ikan Louhan (A. trimaculatus) adalah ikan hias air tawar yang sangat popular dan paling diburu para hobiis dibandingkan jenis ikan hias lainnya. Ikan hias yang popular juga dengan sebutan Flowerhorn bagi masyarakat Barat ini memang sangat cocok untuk dijadikan hiasan dalam akuarium.

Ikan hias ini termasuk agresif sehingga tidak bisa dicampur dengan jenis ikan hias lainnya jika dipelihara. Saat ini harga ikan lohan 2019 terus meningkat hingga mencapai jutaan rupiah. Namun masa kejayaan bisnis ikan hias ini pernah dicapai pada periode 2002 hingga 2003 dimana jenis ikan louhan ada yang dihargai hingga puluhan atau ratusan juta rupiah.

10+ Jenis-jenis Ikan Louhan yang Terpopuler Keindahannya

Penasaran ingin tahu apa saja jenis-jenis ikan Louhan terpopuler kecantiknnya dan termahal yang dijual di pasaran? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Ikan Louhan Kamfa

Jenis ikan louhan yang satu ini juga sudah banyak dijual di Indonesia meskipun termasuk jenis ikan hias yang mahal. Jenis ikan Louhan Kamfa ini bisa dikenali dari bentuk dan warna sisiknya yang sangat indah.

ikan Louhan Kamfa

Sedangkan pada bagian ekor dan siripnya ada bintik-bintik putih dengan kombinasi bintik hitam besar.
Begitu juga dengan bentuk matanya yang cekung dengan warna kuning dan putih membuatnya terlihat cantik. Bentuk sisik louhan ini yang mirip bunga membuat ikan hias ini juga popular dengan sebutan Louhan Golden Flower. Di pasaran, harga ikan louhan 2019 untuk jenis Kamfa ini bahkan bisa mencapai Rp 3,5 juta perekor.

2. Ikan Louhan Golden Red

Jenis ikan louhan yang berasal dari Thailand termausk yang tercantik sekaligus paling mahal harganya. Tampilan ini sangat unik dengan kombinasi warna merah dan emas. Kecantikan ikan Louhan Golden Red makin terlihat saat dewasa.

 

 

ikan louhan Golden-Red

Begitu juga dengan bentuk sisiknya akan makin menonjol. Keistimewaan louhan yang satu ini adalah sisiknya yang berwarna keperakan seperti mutiara yang tak akan ditemukan pada jenis lainnya. Karena itulah jenis ikan louhan ini dihargai sangat mahal, yaitu mencapai nilai Rp 3 juta perekor.

3. Ikan Louhan Rainbow King

ikan Louhan Rainbow

Seperti namanya, jenis louhan ini termasuk yang paling cantik dengan warna-warni pelangi pada tubuhnya. Setidaknya ada lima warna yang menghiasi tubuh jenis ikan Louhan Rainbow King yang dikenal berasal dari Singapura ini. Bahkan kecantikan dan keindahan warna inilah yang membuat jenis ikan hias ini sering diikutkan dan kerap memenangkan kontes ikan hias. Untuk harganya, ikan louhan ini bisa mencapai Rp 3 juta.

4. Ikan Louhan Super Red Synspillum

Jenis ikan louhan ini juga berasal dari Thailand sehingga popular pula dengan sebutan Louhan Kamfa versi Thailand. Ciri khas ikan hias ini adalah bentuk tubuhnya yang agak besar, bahkan bisa mencapai 35 cm. Daya tahan tubuhnya juga terbilang bagus. Karena itulah ikan louhan ini juga banyak diburu untuk dikoleksi.

ikan louhan-super-red-synspilum

Ciri lain ikan louhan ini adalah perpaduan antara warna merah bata dan oranye dan tanpa corak bintik di bagian tubuhnya sehingga terlihat lebih bersih. Untuk harga jenis ikan louhan ini sekitar Rp 2,5 juta.

5. Ikan Louhan Strom

Di Indonesia jenis ikan Louhan Strom masih langka dan sulit diperoleh. Namun jenis ini juga tak kalah indahnya dengan warna tubuhnya yang merupakan perpaduan antara merah, silver, dan biru.

ikan Louhan-Strom

Selain itu juga ada corak hitam berbentuk horizontal dan pola mutiara yang cukup besar pada tubuhnya membuatnya makin unik. Mungkin karena sulit diperoleh, ikan asal Thailand ini dihargai cukup tinggi, yaitu Rp 2,5 juta seekor.

6. Ikan Louhan Super Red Texas

Jenis ikan Louhan Super Red Texas bukanlah berasal dari Texas Amerika melainkan dari Thailand. Ikan ini adalah hasil persilangan ikan Louhan Golden Red dengan jenis ikan Louhan Texas Chiclid abu-abu.

ikan louhan_ikan-louhan-super-red-texas

Karena itulah louhan ini memiliki tampilan warna merah yang terang dengan bintik-bintik pada bagian kepala sampai ekor yang membentuk pola seperti buah stroberi yang unik. Apalagi dengan corak mutiara di tubuhnya yang membuatnya makin cantik. Louhan ini sangat popular dan banyak diburu karena harganya di pasaran cukup tinggi, yaitu sekitar Rp 2,3 juta.

7. Ikan Louhan Golden Base

ikan Louhan Golden Red

Jenis ikan Louhan Golden Base jga mirip dengan Super Red Synspillum dengan dominasi warna merah keemasan tanpa bintik hitam pada tubuhnya sehingga lebih bersih. Warna kuning dan kemerahan yang merata pada seluruh tubuhnya membuatnya terlihat sangat cantik untuk dikoleksi dalam akuarium. Untuk harga ikan louhan ini sekitar Rp 1,8 juta.

Baca juga: Jenis Ikan Molly Terpopuler dan Paling Diburu

8. Ikan Louhan Super Red Dragon (SRD)

Jenis ikan louhan RSD ini juga termasuk yang terpopuler dan banyak dicari para hobiis. Bahkan bukan hanya kolektor di Indonesia yang menyukai ikan hias ini namun juga banyak hobiis dari berbagai negara seperti Thailand, Vietnam, Kamboja, Singapura, Malaysia, hingga Eropa.

ikan Louhan-Super-Red

Ciri khas ikan Louhan Super Red Dragon (RSD) ini adalah besarnya benjolan pada bagian kepalanya yang membuatnya terlihat unik. Begitu juga dengan tubuhnya yang berwarna merah dan kuning yang cantik. Harga ikan louhan ini cukup mahal yang ditentukan oleh besarnya benjolan kepala dan warna di matanya yang merah dan hitam. Di pasaran, harga ikan louhan SRD bisa mencapai Rp 1,5 juta.

9. Ikan Louhan Bonsai

Seperti namanya, jenis louhan ini jauh lebih kecil dan buntet dibandingkan jenis louhan lainnya. Bahkan tubuhnya hanya separo jenis ikan louhan dewasa lainnya. Meskipun imut, namun tampilan ikan Louhan Bonsai sangatlah unik dengan dengan kepala yang lumayan besar.

ikan louhan-bonsai

Ada beberapa jenis louhan ini yang umumya dikelompokkan berdasarkan warnanya. Seangkan untuk harga louhan bonsai di pasaran sekitar Rp 800 ribuan perekor.

10. Ikan Louhan Cencu

Ikan louhan yang satu ini juga popular dan banyak dicari para kolektor ikan hias karena keunikannya. Ikan Louhan Cencu juga popular dengan sebutan zhen zhu atau ikan louhan mutiara. Hal ini karena tampilan tubuhnya yang terdapat bintik-bintik putih keabu-abuan seperti mutiara. Louhan ini juga cantik dengan kombinasi warna merah di bagian kepala dan warna keemasan pada bagian tengah sampai ke ekornya.

ikan Louhan-Cencu

Ada dua jenis ikan Louhan Cencu, yaitu jenis ikan louhan cencu modern dan cencu klasik. Untuk Cencu modern dicirikan dari ukuran tubuhnya yang lebih besar dan bentuk mutiara pada tubuhnya yang lebih banyak. Sedangkan jenis Cencu klasik lebih didominasu warna merah pada tubuhnya dengan bentuk mutiaranya yang lebih sedikit. Harga jenis ikan Louhan Cencu termasuk yang termurah, yaitu sekitar Rp 750 ribu perekor.

Demikianlah ulasan tentang jenis-jenis ikan louhan yang paling banyak diburu oleh para kolektor karena keindahan warna dan bentuknya maupun karena harganya yang mahal.

Ikaniak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Udang Hias Termahal dan Bernilai Jual Tinggi yang Banyak Diburu

Tue Jul 9 , 2019
Jika sebelumnya telah dibahas banyak jenis ikan hias, kali ini RagamIkan.com akan mengulas udang hias yang tak kalah cantiknya. Bahkan karena keunikan dan kecantikannya inilah jenis makhluk ini unik ada yang dihargai hingga mencapai ratusan juta rupiah. Udang hias umumnya dipelihara dalam aquascape agar dapat mempercantik suasana di sekitarnya. Aquascape […]
aquaspace udang hias