Macam-Macam Jenis Ikan Kerapu Termahal yang Prospektif

Popularitas ikan kerapi belakangan terus meningkat. Hal ini tak terlepas dari makin meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap ikan ini untuk dikonsumsi. Selain rasa dagingnya yang enak, ikan ini juga diketahui mengandung gizi yang cukup tinggi. Tak sedikit orang yang menyukai olahan masakan ikan yang satu ini.

Ikan kerapu adalah jenis ikan laut yang memiliki habitat di sekitar batu karang dan terumbu karang. Namun sulitnya mendapatkan ikan jenis ini membuat harganya cukup mahal. Apalagi dengan makin tingginya permintaan pasar, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Hal ini yang mendorong sejumlah pelaku bisnis membudidayakan jenis ikan ini untuk memenuhi kebutuhan pasar tersebut.

Saat ini tak kurang dari 46 spesies jenis ikan kerapu yang ada di seluruh dunia. Sebagian besar jenis ini ada dan hidup di periran Indonesia dan sudah cukup popular. Selain ada banyak pilihan cara memasak ikan ini, ikan kerapu bakar ataupun ikan kerapu goreng sangat disukai masyarakat.

Ikan kerapu popular dengan sebutan grouper bagi orang luar. Ada sejumlah ciri-ciri umum jenis ikan kerapu yang bisa dikenali. Diantaranya dari bentuk tubuhnya yang pipih namun tubuhnya jauh lebih panjang. Ikan ini juga memiliki gigi yang lancip dan kuat baik pada rahang bagian atas maupun bawah.

Mulut ikan kerapu cukup lebar menyerong dengan bagian bawah lebih panjang dari yang bibir atas. Tubuh ikan ini ditutupi sirip kecil yang bersisik stenoid. Sedangkan bentuk sirip ekor bundar dengan sirip punggung berbentuk memanjang.

10 Jenis Ikan Kerapu Terpopuler

Meskipun ada banyak spesies ikan kerapu di dunia, namun di Indonesia hanya sebagian saja yang pop;luer dan dikenal masyarakat. Apalagi dengan tingginya kebutuhan pasar sementara ketersediaan yang semakin sedikit dan sulit membuat ikan kerapi sangat prospektif untuk dibudidayakan.

Berikut ini macam-macam jenis ikan kerapu yang terpopuler dan banyak dicari masyarakat sehingga memiliki nilai tinggi dan potensial untuk dibudidayakan.

1. Ikan Kerapu Macan

jenis ikan kerapu

Ikan kerapu macan (Epinephelus fuscoguttatus) merupakan jenis ini banyak terdapat di perairan indonesa. Habitat ikan kerapu ini adalah di sekitar batuan karang di perairan dangkal. Meskipun begitu tak jarang juga nelayan atau pemancing yang mendapatkan ikan ini di laguna pantai, kawasan pasang surut, terumbu karang, dan laut dangkal lainnya. Ikan kerapu dicirikan dengan tubuhnya yang ditutupi sisik mengilap dengan corak loreng yang mirip bulu macan.

2. Ikan Kerapu Batik

Jenis kerapu batik (E. polyphakeion syn. E. microdon) memiliki ciri dari tubuhnya yang berwarna kecokelatan pucat atau abu-abu pucat di bagian kepala, badan, dan sirip. Keunikan warna inilah yang membuat kerapi jenis ini dihargai cukup tinggi.

jenis ikan kerapu

Jenis kerapu ini umumnya ditemukan di area terumbu karang perairan dangkal di sekitar perairan Indopasifik. Maraknya penangkapan terhadap ikan kerapu ini membuatnya terancam punah. Bahkan pemerintah telah melarang penangkapan ikan jenis ini akibat rusaknya habitat dari kerapu jenis batik ini. Karena itulah masyarakat mulai membudidayakan jenis ini dalam keramba.

3. Ikan Kerapu Sunuk / Lodi Merah

Ikan Kerapu Sunuk (Plectropomus leopardus) juga dikenal dengan nama Kerapu Lodi (Plectropomus maculatus). Sedangkan orang luar negeri sering menyebutnya sebagai Leopard coral grouper, Coral trout atau Leopard coral trout. Kerapu jenis ini mudah dikenali karena mempunyai warna merah yang cantik dengan bintik totol biru gelap di bagian pinggirnya. Ikan jenis ini banyak ditemukan di sela-sela terumbu karang di lautan terbuka.

jenis ikan kerapu

Ikan kerapu Sunuk ada beberapa jenis yang dibedakan dari totolnya, seperti kerapu totol biru (Plectropomus laevis), Plectropomus areolatus, dan jenis kerapu bergaris warna biru di bagian pipi (Plectropomus maculatus). Bentuknya yang unik dan indah juga membuat kerapi ini cukup mahal.

4. Ikan Kerapu Tikus (Kerapu Bebek)

jenis ikan kerapu

Ikan Kerapu Tikus (Chromileptes altivelis) juga popular dengan sebutan Humpback Grouper ataupun Panther Grouper Barramundi Cod. Ikan jenis ini dicirikan dengan bagian kepala yang lancip mirip bebek atau tikus dan permukaan tubuhnya berwarna putih keabuan. Jenis ikan kerapu besar ini panjang tubuhnya bisa mencapai setengah meter. Banyaknya penangkapan juga membuat ikan yang mempunyai habitat di sekitar laguna pantai ini terancam punah.

Baca juga: Macam-Macam Jenis Ikan Hias Air Tawar Langka yang Banyak Diburu

5. Ikan Kerapu Kertang

Kerapu kertang (Epinephelus lanceolatus) juga popular dengan sebutan giant grouper atau ikan kerapu besar karena ukurannya yang bisa mencapai 1,5 meter dan berat 100 kg lebih. Tubuhnya berwarna hitam dengan corak tutul putih atau kuning yang tersebar dari kepala sampai ekornya. Karena itu ikan ini juga dinamakan kerapu hitam.

jenis ikan kerapu

Ikan kerapu jenis ini banyak ditemukan di sekitar perairan dengan kedalaman hingga 100 meter di banyak kawasan Indonesia dan lautan Pasifik. Dari segi bentuk, ikan kerapu kertang tidak mempunyai warna yang menarik. Australia, Queensland, dan Negara lain banyak mengenal dan menyukai makanan dari kerapi jenis ini. Karena itulah banyak orang mulai melakukan budidaya karena kerapi ini juga bisa dipelihara dalam ekosistem muara.

6. Ikan Kerapu Lumpur

jenis ikan kerapu

Seperti namanya, jenis ikan kerapu Lumpur (Epinephelus Bleekeri) banyak ditemuan di perairan berlumpur maupun di sekitar batuan karang laut dangkal. Kerapi jenis ini dikenal cepat pertumbuhannya sehingga banyak dibudidayakan oleh masyarakat untuk memenuhi tingginya kebutuhan pasar terjadap ikan kerapu.

7. Ikan Kerapu Muara (Kerapu Balong)

jenis ikan kerapu

Ikan Kerapu Muara (Epinephelus Coioides) popular juga dengan sebutan kerapu balong. Ikan ini umumnya hidup di perairan dekat pantai, seperti di sekitar hutan bakau, muara, pantai pasang surut, laguna pantai, sekitar terumbu karang, maupun di perairan laut dangkal.

8. Ikan Kerapu Cantang

Ikan kerapu Cantang (epinephelus sp) dihasilkan dari perkawinan silang ?nt?r? kerapu kertang (epinephelus lanceolatus) ??b?g?? induk jantan dan betninya dari ikan kerapu macan (epinephelus fuscoguttatus). Selain bentuknya yang mirip dengan induknya, spesies baru ini juga lebih cepat pertumbuhannya. Karena itulah jenis ikan kerapu ini juga mulai banyak dibudidayakan masyarakat.

jenis ikan kerapu

Ciri ikan jenis ini dari tubuhnya yang berwarna cokelat kehitaman beberapa garis hitam yang melintang di tubuhnya. Ikan kerapu jenis ini dikenal tahan penyakit dan pertumbuhan bisa dua kali lipatnya dibandingkan jenis lainnya. Kabarnya, harga ikan ini hingga Rp 30.500 untuk per-100 gram.

Baca juga: Ikan Laut Hias Tercantik yang Mudah Dipelihara

9. Ikan Kerapu Kustang

jenis ikan kerapu

Jeis ikan kerapu Kustang juga banyak ditemukan dari hasil persilangan. Untuk jenis kerapu ini merupakan hasil perkawinan antara jenis kerapu tikus atau bebek dengan ikan kerapu kertang.

10. Ikan Kerapu Cantik

jenis ikan kerapu

Satu lagi jenis kerapu hasil persilangan antara ikan kerapu batik dan ikan kerapu macan yang menghasilkan ikan kerapu cantik. Karena itulah jenis kerapu ini juga mudah dibudidayakan dan juga sangat menguntungkan karena cepat pertumbuhannya. Namun dibandingkan jenis induknya, ikan kerapu ini lebih murah tapi banyak peminatnya.

Demikian macam-macam jenis ikan kerapu termahal dan terpopuler yang sangat prospektif untuk dibudidayakan dengan harga jual yang tinggi.

Ikaniak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Jenis Udang Hias Air Tawar Murah yang Mudah Dipelihara

Tue Jul 16 , 2019
Saat ini udang hias air tawar makin diminati untuk peliharaan dalam aquaspace. Selain bentuknya yang berbeda dengan ikan hias, makhluk lucu ini juga terlihat cantik dengan warna-warni yang dimililkinya. Apalagi harganya juga bervariasi dari yang murah hingga jenis udang hias termahal. Pada postingan sebelumnya telah dibahas tentang Udang Hias Termahal […]
udang hias golden