Panduan Lengkap Cara Membuat Filter Kolam Ikan Sederhana

Bagaimana sih cara membuat filter kolam ikan yang simple namun efekitf? Pertanyaan semacam ini memang sering muncul dikalangan hobiis yang ingin memiliki atau membangun kolam ikan di rumah. Keberadaan filter kolam akan sangat menentukan kelestarian dan perkembangan ikan.

Pada artikel sebelumnya, RagamIkan.com telah mengulas beberapa topik seputar kolam ikan ini. Diantaranya tentang skema filter kolam ikan koi dan satu lagi mengenai filter kolam ikan buatan sendiri. Jika anda belum membacanya sebaiknya dibaca terlebih dahulu untuk melengkapi pemahaman anda jika ingin memiliki kolam ikan yang berkualitas.

Nah, pada postingan kali ini admin ingin memberikan tips dan panduan lengkap tentang cara membuat filter kolam ikan yang baik. Dengan ulasan ini diharapkan anda bisa memperoleh gambaran yang lebih jelas dan praktis tentang langkah yang mesti anda lakukan.

Kerugian Membangun Kolam Ikan Tanpa Filter

Ada banyak tujuan seseorang ingin memiliki atau membangun kolam ikan minimalis di rumahnya. Selain karena ingin menyalurkan hobi terhadap ikan hias, keinginan ini juga bisa dimaksudkan membuat area santai yang bisa dimanfaatkan untuk refreshing atau sekedar berkumpul bersama keluarga dalam suasana outdoor yang santai.

cara membuat filter kolam ikan

Untuk memiliki sebuah kolam ikan sebenarnya tak dibutuhkan biaya yang besar. Biaya paling besar yang umumnya dikeluarkan untuk membuat sebuah kolam ikan adalah biaya untuk pembelian bahan material dan tenaga tukang. Biaya ini bisa ditekan semakin rendah jika konsep kolam yang ingin dibangun tak terlalu muluk-muluk. Terutama untuk desain batu alam, relatif tak terlalu mahal.

Namun biaya untuk pemeliharaan akan semakin jauh lebih mahal jika kolam yang dibuat tidak menggunakan filter kolam ikan. Apalagi jika jenis ikan yang ingin dipelihara dalam kolam adalah ikan hias. Ikan ini sangat sensitive terhadap kondisi air. Tanpa adanya filter akan membuat air tidak kondusif untuk kehidupan ikan hias. Jika air kolam tidak sering diganti, maka akan sangat berisiko terhadap ikan.

Seperti telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, kolam ikan yang dibangun tanpa filter akan menyebabkan air cepat keruh, dinding kolam cepat berlumut dan kotor, dan pertumbuhan ikan tidak akan maksimal. Air kolam yang cepat keruh tentunya harus lebih sering dikuras. Hal ini tentunya akan membuat biaya yang harus dikeluarkan akan makin besar.

Karena itulah satu-satunya solusi untuk menjaga dan meningkatkan kualitas air kolam ikan adalah dengan membuat dan menyediakan filter. Apalagi biaya untukmembuat filter kolam ikan tidak terlalu besar dan besar sekali manfaatnya untuk menjaga kesehatan dan kelestarian ikan yang dipelihara.

Tahapan Cara Membuat Filter Kolam Ikan Sederhana

Setelah memahami betapa pentingnya fungsi filter kolam ikan, maka anda juga harus membuatnya agar ikan dapat berkembang dengan baik. Fungsi atau kegunaan filter kolam ikan yang paling utama adalah untuk menjaga kondisi air yang jernih dengan kandungan oksigen yang cukup dan tingkat pH air yang stabil. Menjaga kualitas air kolam merupakan syarat utama kolam ikan yang berkualitas.

Saat ini ada banyak jenis filter kolam ikan yang dijual di pasaran. Jika anda memiliki dana yang cukup, bukan hal yang sulit untuk membelinya. Namun umumnya filter yang dijual harganya cukup tinggi.

Sebagai solusinya, Anda juga bisa membuat sendiri filter sederhana yang tidaklah sulit. Yuk langsung saja simak tahapan cara membuat filter kolam ikan sederhana di bawah ini.

Tahap 1 – Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum membahas tentang cara membuat filter kolam ikan sederhana, tahapan yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan berbagai bahan dan alat yang akan digunakan.

cara membuat filter kolam ikan

1.Pompa Air

Alat pertama yang diperlukan untuk pembuatan filter kolam ikan adalah pompa air. Pompa air berguna untuk menyedot air kolam yang kotor untuk masuk ke filter dan sekaligus menyalurkannya kembali setelah bersih. Kebutuhan berapa jumlah pompa air yang diperlukan tergantung kapasitas dan volume kolam ikan yang dibuat.

2.Wadah atau Jerigen

Wadah ini bisa berupa ember, jerigen, atau yang lainnya. Wadah ini berfungsi sebagai tempat meletakkan bahan-bahan penjernih air. Karena itu usaha memilih wadah atau ember yang agak besar dan kuat dalam menahan aliran air keruh dari pompa dalam proses penyaringan.

pasir silika

3.Bahan Penjernih Air

Dalam proses filterisasi, dibutuhkan sejumlah bahan penjernih yang berkualitas dan memenuhi standar filter kolam ikan yang baik. Beberapa bahan penyaring air yang yang dibutuhkan meliputi pasir silika, ferrolit, batu zeolit, karbon aktif, dan kapas filter.

cara membuat filter kolam ikan
batu zeolit

Pasir silika berfungsi untuk menyaring kotoran air dalam skala kecil yang dibutuhkan pompa dari kolam. Sedangkan ferrolite berfungsi untuk menghilangkan atau menghalau kandungan besi yang terlarut dalam air kolam. Begitu juga batu zeolit berperan untuk menghilangkan kandungan Ca2 + dan Mg2 + penyebab air menjadi berbau dan gelap.

ferrolite

Sedangkan karbon aktif berguna untuk menjernihkan dan menghilangkan bau dan rasa pada air, termasuk menghilangkan kandungan kaporit dan klorin yang biasanya mencemari air.

Tahap 2 – Pembersihan dan Sterilisasi

Setelah semua bahan dan alat dikumpulkan, langkah selanjutnya adalah membersihkan dan mensterilkan semua bahan dan alat tersebut. Hal ini penting untuk memastikan bahwa bahan dan alat yang digunakan untuk menyaring sudah steril terlebih dahulu.

Tahap pembersihan dilakukan terutama pada wadah wadah atau jerigen yang akan digunakan untuk filter. Lakukan pencucian wadah hingga bersih. Setelah kering, bersihkan lagi dengan menggunakan alkohol murni yang digosokkan pada wadah agar benar-benar steril. Untuk bahan lain cukup dicuci saja sebelum digunakan.

Tahap 3 – Penyiapan Bahan Dasar

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mempersiapkan pompa air dan wadah ember berdasarkan skema filter kolam ikan yang telah disiapkan. Buatlah lubang seukuran paralon pada bagian bawah ember wadah dimana nantinya air yang masuk dan disaring akan dikeluarkan lagi ke dalam kolam.

cara membuat filter kolam ikan

Selain itu anda juga perlu memasang instalasi pipa paralon berdasarkan skema sirkulasi penyaringan yang telah dibuat. Untuk memberikan fungsi aerasi agar air kaya kadar oksigen sebaiknya posisikan wadah ember ini di atas kolam sehingga air bersih yang telah disaring jatuh dengan ketinggian tertentu.

Tahap 4 – Menyusun Bahan Penjernih

Setelah wadah ember atau jerigen siap, tahap selanjutnya adalah menyusun lapisan filter ke dalam ember. Untuk urutan susunan filter penyaring standar yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

FILTER KAPAS > PASIR SILIKA > SEKAT > FERROLIT > SEKAT > KARBON AKTIF > SEKAT > BATU ZEOLIT > FILTER KAPAS

Silahkan urutkan saja susunan filter seperti skema tersebut. Pastikan dalam setiap lapisan tersusun secara rapid an rapat dengan sempurna.

Tahap 5 – Pemasangan Instalasi

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memasang dan melakukan instalasi ember dan alat lainnya di lokasi yang diinginkan. Anda bisa langsung meletakkan ember atau wadah filter disamping atau di atas kolam dengan ketinggian tertentu.

filter kolam ikan buatan sendiri

Secara standar, alur atau siklus penyaringan atau penjernihan dalam filter kolam ikan ini adalah sebagai berikut:

AIR KOLAM KERUH > POMPA AIR > FILTER KOLAM > POMPA AIR > KOLAM

Silahkan instalasi ember dan pompa berdasarkan urutan tersebut. Anda perlu dua buah pompa agar hasilnya efektif.

Demikianlah ulasan dan panduan lengkap cara membuat filter kolam ikan sederhana yang bisa dilakukan agar kualitas air kolam selalu terjaga, dan semoga bermanfaat.

Ikaniak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Rekomendasi Makanan Ikan Koi untuk Warna dan Agar Cepat Besar

Fri Aug 2 , 2019
Pengelolaan dan pemberian makanan ikan koi merupakan bagian penting yang mesti diperhatikan dalam perawatan kolam ikan di rumah. Dalam pengelolaan ini ada banyak aspek yang sebaiknya diperhatikan dengan baik. Baik menyangkut waktu pemberian pakan, jenis makanan yang dipilih, hingga jumlah makanan yang diberikan. Pada postingan sebelumnya telah diulas sejumlah hal […]
makanan ikan koi agar cepat besar