Rekomendasi Makanan Ikan Koi untuk Warna dan Agar Cepat Besar

Pengelolaan dan pemberian makanan ikan koi merupakan bagian penting yang mesti diperhatikan dalam perawatan kolam ikan di rumah. Dalam pengelolaan ini ada banyak aspek yang sebaiknya diperhatikan dengan baik. Baik menyangkut waktu pemberian pakan, jenis makanan yang dipilih, hingga jumlah makanan yang diberikan.

Pada postingan sebelumnya telah diulas sejumlah hal tentang ikan koi. Baik tentang cara membuat kolam ikan minimalis maupun skema filter kolam ikan koi agar ikan bisa berkembang dengan optimal. Memiliki kolam ikan koi tentunya tak sekedar membangun kolam dan mengisinya dengan ikan, namun yang tak kalah pentingnya adalah masalah pemeliharaannya agar ikan berkbang biak secara optimal dan bukannya malah banyak yang mati.

Ikan koi termasuk jenis ikan mas (Cyprinus carpio) namun memiliki ornamen pada tubuhnya yang sangat indah. Karena itulah ikan ini juga sering disebut dengan ikan mas koi. Ikan koi merupakan jenis ikan hias yang paling banyak dipelihara pada kolam ikan di rumah atau kantor. Selain bentuknya yang indah dan enak dipandang, ikan koi juga bersifat omnivore sehingga cukup mudah dalam pemberian pakannya. Apalagi daya tahan ikan hias ini juga cukup tinggi.

Istilah koi itu sendiri berasal dari bahasa Jepang yang bermakna ikan karper. Bagi kebanyakan orang Jepang, ikan koi merupakan simbol cinta dan persahabatan. Koi juga dikenal jinak dan banyak dipelihara karma dianggap membawa keberuntungan.

makanan ikan koi agar cepat besar

Ragam jenis ikan koi umumnya dibedakan berdasarkan warnanya, pola pada tubuhnya, serta ukurannya. Ikan koi yang popular umumnya memiliki warna putih, kuning, hitam, merah, biru, maupun krem.

Jenis Makanan Ikan Koi

Makanan ikan koi yang diberikan mestilah harus yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan gizinya. Karena koi bersifat omnivore, maka ada banyak pilihan pakan yang bisa diberikan. Namun secara umum, jenis makanan ikan koi bisa dibedakan antara pakan alami dan pakan buatan.

Pakan alami diperoleh ikan langsung dari dalam kolam. Udang, plankton, hingga tumbuhan alga merupakan makanan alami yang mampu membuat koi bertahan hidup meskipun mungkin kita terlambat atau lupa untuk memberikan pakan tambahan.

Sedangkan pakan buatan bisa diperoleh dengan cara membuat sendiri ataupun dengan membeli pellet yang sudah banyak dijual di pasaran. Jika anda tak ingin repot dan memiliki dana pemeliharaan yang cukup, anda tinggal membelinya dari toko yang jual makanan ikan koi terdekat. Apalagi harga pakan ikan koi per karung akan jauh lebih murah ketimbang membeli dalam bentuk kantong kecil.

makanan ikan koi

Namun jika anda ingin lebih menghemat pengeluaran untuk pakan ikan, tak ada salahnya dengan membuat sendiri. Tak sedikit para hobii dan pecinta ikan koi yang lebih senang membuat sendiri pakan koi karena dinilai lebih bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Pakan ikan buatan ini bisa dibuat dari campuran roti, sayuran, buah-buahan, dan lainnya. Bisa juga anda memberikan pakan alami seperti ulat atau cacing tanpa perlu diolah lagi.

Tips Penting Pemberian Makanan Ikan Koi

Dalam pemeliharaan kolam ikan koi masalah makanan ikan bisa menyita sebagian besar biaya yang mesti dikeluarkan. Hal semacam ini sudah banyak dimaklumi para peternak ikan konsumsi yang biaya budidayanya terkuras pada penyediaan pakan ikan. Begitu pun jika anda memelihara kolam ikan koi di rumah.

Selain harus memenuhi kadar gizi yang cukup, pakan ikan koi berkualitas. Pakan ikan yang disimpan terlalu lama bisa menjadi rusak akibat proses oksidasi yang terjadi. Jika pakan yang sudah busuk semacam ini diberikan tentunya akan sangat berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kematian ikan. Untuk itu jika anda menyimpan stok pakan, sebaiknya waktu penyimpanannya tidak melebihi waktu tiga bulan.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Filter Kolam Ikan Sederhana

Beberapa pertimbangkan yang mesti diperhatikan dalam memberikan pakan ikan koi antara lain:

  1. Pakan yang diberikan haruslah berkualitas, baik berupa makanan ikan koi agar cepat besar, pakan koi untuk warna agar lebih cerah, maupun untuk menjaga kesehatan ikan.
  2. Fungsi metabolisme tubuh dalam ikan koi terbilang bagus terutama jika kondisi suhu air turun hingga melebihi 21 derajat celcius. Untuk mendukung daya tahan tubuh ikan, maka pakan yang diberikan haruslah mengandung nutrisi yang penting untuk koi.
  3. Pakan ikan koi yang berkualitas juga harus memperhatikan komposisi nutrisi yang seimbang.
  4. Agar pemberian pakan efektif, anda juga harus mmperhatikan dan mengontrol kualitas air, tingkat kepadatan ikan, dan juga waktu pemberian pakannya.

Rekomendasi Pakan Koi Terbaik

Dalam memberikan makanan ikan koi, seperti telah disebtukan di atas, ada banyak jenis yang diberikan. Apalagi koi termasuk jenis ikan hias omnivore yang bisa memakan apa saja.

rekomendasi pakan koi

Untuk memberikan referensi buat anda, berikut ini rekomendasi pakan koi terbaik yang bisa diberikan pada ikan koi karena mengandung banyak nutrisi penting yang dsangat dibutuhkan ikan koi.

1. Cacing sutera

Cacing sutera merupakan salah satu jenis pakan ikan koi yang sangat direkomendasikan. Jenis hewan ini diketahui mengandung protein asam amino yang sangat baik untuk kesehatan ikan. Sebaliknya, kekurangan protein dapat menghambat perkembangan koi. Nutrisi pakan ini juga berguna untuk meningkatkan reproduksi koi agar menghasilkan telur yang berkualitas.

2. Cacing Darah

Selain cacing sutera, cacing darah ini juga sanat direkomendasikan diberikan untuk ikan koi. Cacing jenis ini diketahui kaya dengan kandungan protein, lemak, dan mineral yang penting untuk koi. Anda bisa mencari cacing darah ini di sekitar rumah ataupun dengan membelinya dalam bentuk pakan beku di toko ikan hias.

3. Kacang Kedelai

Kedelai juga kaya protein yang sangat baik untuk perkembangan koi. Protein ini juga berguna untuk menjaga tubuh ikan berfungsi dengan baik maupun mempercepat pertumbuhannya.

4. Roti

Bukan hanya pemilik kolam ikan saja yang senang roti, ikan peliharaannya juga sangat suka dengan makanan yang kaya karbohidrat tinggi ini. Roti sangat baik buat koi. Hanya saja porsi pemberian pakan ini agar tidak berlebihan karena malah bisa merugikan koi.

5. Kutu Air

Kutu air juga diketahui kaya nutrisi yang dibutuhkan ikan koi. Namun karena ukuran kutu air yang kecil, sebaiknya pakan ini diberikan sebagai makanan ikan koi kecil atau anakan koi.

6. Udang

Pakan alami lainnya yang juga baik untuk koi adalah udang. Bahkan udang merupakan pakan koi untuk warna yang baik untuk meningkatkan chromatophores atau pigmen warna ikan koi pada kulit koi.

7. Kuning Telur

Makanan ikan koi lainnya yang juga baik diberikan adalah kuning telur. Pakan ini sangat baik diberikan larva koi maupun sebagai makanan ikan koi kecil. Untuk memberikan pakan ini sebaiknya kuning telur direbus terlebih dahulu lalu campur dengan sedikit air sebelum ditebar ke kolam. Pakan ini sangat disarankan sebagai makanan ikan koi agar cepat besar

Itulah berbagai rekomendasi pakan ikan koi yang bisa diberikan agar koi cepat vesar, sehat, berwarna makin cerah, dan juga semakin sehat. Selain yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih ada banyak jenis pakan koi yang bisa diberikan. DIantaranya selada air, bayam, kangkung, tomat, kubis, wortel, buah-buahan, sawi, bekicot, kepiting, jangkrik, tepung ikan, ataupun gandum.
Demikianlah berbagai rekomendasi makanan ikan koi untuk warna dan agar ikan cepat besar yang semoga bermanfaat.

Ikaniak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ikan Lemadang: Jenis, Karakter, dan Cara Olahannya

Sat Aug 3 , 2019
Ikan lemadang bukanlah jenis ikan yang popular bagi masyarakat luas. Meskipun ini merupakan jenis ikan komoditas Indonesia namun untuk mengolahnya menjadi makanan perlu kehati-hatian. Hal ini karena ada potensi racun yang terkandung di dalamnya. Lemadang memiliki nama ilmiah Coryphaena hippurus. Ikan ini juga popular dengan sebutan ikan mahi-mahi, lumba-lumba, atau […]
ikan lemadang