Sifat dan Manfaat Ikan Etong yang Enak untuk BBQ

Apakah anda mengenal dengan manfaat ikan etong? Mungkin dari anda ada yang belum mengenal dengan ikan etong. Sangat wajar bagi anda tak mengenal ikan ini. Sebab ikan etong tak sepopuler ikan mas, lele, mujaer, ikan nila, sepat, patin, belut dan jenis ikan konsumsi lainnya. Namun demikian, di daerah Subang Jawa Barat ikan ini sangat dikenal baik dan terkenal. Ikan air laut ini sering dijadikan menu teman nasi yang bikin lidah menari-nari.

Ikan etong enak untuk dinikmati ketika perut lapar. Ikan ini bisa dibakar BBQ, dipepes atau digoreng dengan cita rasa yang khas dan super lezat. Bagi anda yang ingin merasakan nikmatnya kuliner ikan etong bakar maka anda dapat mengunjungi daerah Subang Jawa Barat. Karena di kawasan inilah ikan etong berkembang biak dan dijadikan kuliner yang sedap.

Sejarah Ikan Etong

Daerah subang sudah terkenal sejak lama sebagai penghasil berbagai macam ikan nila dan mas terbaik di Indonesia. Dan saat ini mulai dikenal pula sebagai kota penghasil ikan etong. Pada mulanya manfaat ikan Etong tidak dianggap oleh nelayan dan masyarakat sekitar. Disebabkan rasa ikan etong yang tak enak. Ikan etong dijadikan ikan sampah atau limbah yang sangat tak berharga. Untuk itulah, masyarakat sekitar berusaha menciptakan resep memasak ikan etong yang enak, nikmat dan lezat.

manfaat ikan etong

Berkat kreatifitas dan inovasi masyarakat Subang akhirnya ikan etong dapat dijadikan kuliner super lezat. Dengan cara dibakar ditambah campuran bumbu dan sambal. Orang yang mencicipi kuliner ikan etong menjadi ketagihan. Pada akhirnya, ikan yang mempunyai kulit kasar pada bagian luar ini menjadi ikan yang memiliki harga ekonomis yang lebih tinggi. Berbagai restoran dan rumah makan menawarkan menu andalan berupa ikan etong bakar yang dicampurkan sambal.

Cita rasa daging ikan etong sangat enak. Kalau diumpamakan seperti daging ayam. Selain itu kelebihannya yang utama adalah tidak adanya duri yang halus. Sehingga mudah dalam memakannya tanpa takut kena duri.

Baca juga: Ingin Budidaya Ikan Belida? Perhatikan Tips Ini!

Untuk menikmati maupun mendapatkan manfaat ikan etong, anda dapat mengunjungi restoran atau rumah makan di daerah Subang. Karena umumnya rumah makan di Subang Jawa Barat menyediakan menu istimewa ikan etong bakar yang menjadi kuliner khas Subang.

Namun tidak mutlak demikian. Karena menu ikan etong pun seringkali dijadikan menu andalan di rumah makan di daerah lain. Seperti restoran di daerah Bandung atau Jakarta. Akan tetapi agak sedikit sulit untuk menemukan ikan etong di daerah lain. Yang paling mudah menemukan ikan etong yaitu daerah Subang.

Habitat Ikan Etong

Ikan etong disebut juga ikan jebong atau ikan ayam-ayam atau ikan kambing-kambing yang merupakan ikan yang terbiasa hidup di lautan. Ikan etong bisa dijadikan ikan hias dan ikan konsumsi.

Namun predikat sebagai ikan konsumsi sangat melekat padanya karena manfaat ikan etong untuk kesehatan. Popularitas ikan etong sebagai ikan konsumsi sangat kuat di sejumlah daerah seperti di Subang. Ikan Etong diolah menjadi menu kuliner yang lezat dengan cara dibakar.

jenis ikan etong

Habitat asli ikan etong adalah kawasan perairan hangat. Yang biasanya terdapat di Samudera Pasifik, Laut Merah atau Indo Pasifik. Di tempat inilah, anda bisa menemukan gerombolan ikan etong yang umumnya berukuran 40 cm sampai 60 cm.

Ciri dan Sifat Ikan Etong

Ikan etong dapat dikenali dari sirip punggung terdapat 26 jari. Adapun sirip anak memiliki 24 jari. Sisiknya sangat tebal, besar dan bertekstur kasar. Pada bagian belakang badannya terdapat sebuah patil untuk mempertahankan diri dari musuhnya. Pada seluruh badannya terdapat bintik-bintik atau totol-totol besar berwarna kekuningan dari kepala, badan sampai ekor.

Bentuk tubuh ikan etong adalah pipih dengan badan lebar. Kalau disaksikan disamping tubuh ikan ini sangat tipis laksana ikan sepat. Ikan etong mempunyai kulit kasar pada bagian luar. Sehingga pada mulanya banyak masyarakat meragukan manfaat ikan etong dapat dikonsumsi dengan baik. Ikan laut ini mulai diolah dengan baik. Dengan cara digoreng, dipepes dan dibakar. Akan tetapi, rasa ikan etong sangat enak jika dibakar. Oleh karenanya, ikan etong menjadi kuliner yang dibakar sebelum disajikan di meja makan.

sifat ikan etong

Berikut ini sifat-sifat dasar ikan etong, antara lain:

1. Hidup di dasar laut

Sebagai ikan laut, etong hidup di lautan secara berkoloni. Adapun tempat tinggal di lautan yang paling disukainya adalah dasar lautan. Yang membuat ikan etong termasuk binatang demersal atau binatang yang suka hidup di dasar laut. Sehingga anda tidak bisa menyaksikan ikan etong di permukaan laut. Namun anda hanya bisa menyaksikan ikan etong di kedalaman atau dasar laut.

2. Tak berbahaya

Ikan etong bukanlah jenis ikan predator dan tidak berbahaya. Selain manfaat ikan etong untuk kesehatan, ikan ini juga dapat dikonsumsi dan dapat juga dijadikan ikan hias yang ditempatkan di aquarium rumah atau kolam. Bentuk dan corak warna tubuhnya tak kalah cantik dengan ikan hias lainnya.

Baca juga: Jenis Ikan Marlin, Ciri, dan Manfaatnya yang Diburu Pemancing

3. Suka bermigrasi

Ikan etong juga memiliki sifat suka bermigrasi. Secara berkala ikan ini melakukan migrasi dari perairan tawar dan asin. Di dasar laut ikan etong bertempat tinggal di dekat pasir bawah laut atau terumbu karang yang dipenuhi alga laut dan hewan spons.

4. Mudah ditangkap

Para nelayan sering menangkap ikan etong menggunakan jaring. Lalu dijual di pasaran dalam kondisi segar. Kalau masih tersisa maka ikan etong dikeringkan sebagai ikan asin. Harga ikan etong sama seperti harga jual ikan mas di kisaran Rp 20 ribu per kg. Kemudian berjalan waktu, tahun 2019 menjadi Rp 22 ribu perkilogram.

manfaat ikan etong masakan

5. Harga jual yang stabil

Saat ini seiring permintaan yang sangat tinggi terhadap manfaat ikan etong membuat harga jual menjadi Rp 37 ribu per kg. Hal ini tak terlepas dari saat ini situasi menjelang hari raya lebaran idul fithri dan pasokan ikan etong dari para nelayan sangat berkurang.

6, Makanan favorit

Yang menjadi pakan favoritnya adalah binatang bentik. Misalkan ikan bertulang, moluska, kepiting dan krustasae.

Manfaat Ikan Etong untuk Kesehatan Tubuh

Ikan etong mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia jika dikonsumsi secara rutin. Berikut ini manfaat ikan etong yang sebaiknya Anda tahu, antara lain:

1. Menjaga pertumbuhan tubuh agar maksimal

Daging ikan etong mengandung banyak protein tinggi dan kadar lemak yang rendah. Sehingga sangat bagus dikonsumsi oleh orang dewasa, remaja dan anak-anak berusia 3 tahun atau 5 tahun yang berada dalam masa pertumbuhan.

2. Meningkatkan vitalitas

Manfaat ikan etong juga dari kandungan nutrisinya yang terbukti dapat meningkatkan vitalitas pria.

3. Sangat minim kolesterol

Kolesterol tinggi terdapat pada daging sapi dan ayam yang bisa membahayakan kesehatan tubuh manusia jika berlebihan dalam memakannya. Hal ini berbeda dengan ikan etong yang memiliki kolesterol rendah. Sehingga dijamin aman ketika anda memakan ikan etong bakar.

manfaat ikan etong bakar

Subang terkenal dengan hasil pertanian nanas madu. Selain itu, Kabupaten Subang pun tersohor sebagai penghasil kuliner ikan etong terbaik di Indonesia. Hasil tangkapan ikan etong di lautan oleh para nelayan, kemudian diolah menjadi kuliner yang super lezat. Dengan cara ikan etong dibakar dan diberi bumbu sambal.

Rasa daging ikan ayam-ayam atau etong sangat gurih dan lezat. Tekstur daging sangat empuk dan lembut. Kalau diumpamakan layaknya daging ayam. Yang membedakannya daging ikan etong tak mengeluarkan bau amis. Pada waktu dibakar, ikan ini mengeluarkan bau harum yang menggugah selera.

Itulah ulasan tentang ciri dan sifat ikan ayam-ayam yang terkenal sebagai ikan bebakaran. Manfaat ikan etong yang baik untuk kesehatan juga membuat ikan ini mulai banyak dicari untuk dikonsumsi.

Ikaniak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ikan Oscar, Sifat, Ciri, dan Jenis Ikan Hias Terpopuler yang Cerdas

Fri Jun 12 , 2020
Berbicara tentang jenis ikan hias terpopuler maka kita tidak bisa lepas dari yang namanya ikan oscar. Karena ikan ini merupakan ikan hias yang paling favorit penggemar ikan hias di Indonesia. Dari mulai kalangan anak-anak, remaja, orangtua dan lansia. Harga ikan oscar lebih mahal ketimbang jenis ikan hias lain seperti ikan […]
ikan hias terpopuler